pembagian iklim

Iklim dan Cuaca Cuaca adalah kondisi udara disuatu tempat pada saat yang relatif singkat. Meliputi kondisi temperatur, kelembaban dan tekanan. Iklim adalah kondisi udara disuatu wilayah pada periode waktu yang tertentu dan relatif lama. Dapat disimpulkan bahwa cuaca lebih bersifat temporal dan dalam lingkup yang kecil. Sedangkan iklim ditentukan oleh sifat cuaca rata-rata.
Pembagian iklim secara garis besar dengan melihat kedudukan daerah tersebut pada muka bumi, tepatnya pada garis arah peredaran matahari (katulistiwa). Selain itu pembagian iklim secara lebih detil berdasarkan sifat meteorologi dan sifat geofisika daerah tersebut. hal ini selain ditentukan oleh posisi terhadap garis katulistiwa juga ditentukan oleh tinggi rendahnya suatu daerah dan luas daerah. Dunia kita dibagi menjadi empat daerah iklim besar :
1.Daerah iklim tropikaa.Daerah iklim tropika dengan hutan tropikaSifat iklim disini basah dengan amplitudo temperatur tidak seberapa besar. Karakteristiknya mirip dengan iklim laut. Hampir tiap bulan hujan turun minimal 6 cm per tahun.b.Daerah iklim tropika dengan sabanaMemiliki musim kemarau yang jelas karea pengaruh angin musim.
2.Daerah iklim Sub Tropisa.Daerah beriklim padang pasirMerupakan daerah yang tidak menerima hujan sepanjang tahun.b.Daerah iklim stepeDaerah yang menerima hujan yang amat sedikit, sehingga masih ditemukan tumbuh-tumbuhan.
3.Daerah iklim sedangMempunyai penggantian musim yang tertentu. Disini bertiup angin barat dan kadang bertiup angin ribut.
4.Daerah iklim kutuba.Iklim tundraMerupakan daerah sekitar kutub dengan batas hemoterm 10 Derajat Celcius pada bulan panasb.Iklim SaljuTemperatur rata-rata dibawah 0 derajat Celcius. iklim ini juga dijumpai didaerah tinggi, yakni diatas garis batas salju. Garis batas salju didaerah kutub 0 m. di Indonesia hanya terdapat didaerah Gunung Jayawijaya Irian Jaya.
Pembagian iklim lain ditekankan pada sifat meteorologi setempat, tekanan temperatur, kelembaban, kondisi dan letak daerah tersebut terhadap samuderaberpengaruh disini.1.Iklim lautIklim laut pada daerah tropis dan sub tropis mempunyai sifat :a.Rata-rata suhu harian dan tahunan tidak tinggi.b.Amplitudo suhu harian kecil.c.Banyak hujan deras dan awan.
Iklim laut pada daerah sedang mempunyai sifat :a.Amplitudo suhu harian dan tahunan tidak tinggib.Banyak awan dan hujan hanya rintik-rintik.
2.Iklim DaratIklim darat pada daerah tropis dan subtropis mempunyai sifat :a.Amplitudo suhu harian sangat besar.b.Amplitudo suhu tahunan kecilc.Sedikit awan dan hujand.Banyak angin kering dan topan
Iklim Darat pada daerah sedang mempunyai sifat :a.Amplitudo suhu harian dan tahunan besarb.Hujan sangat sedikit dan jatuh pada musim panas
3.Iklim daerah tinggiIklim didaerah ini mempunyai sfat :a.Amplitudo harian dann tahunan besarb.Udara keringc.Jarang turun hujan
Iklim didaerah tingi pada gunung mempunayi sifat :a.Amplitudo suhu kecil daripada daerah tinggi, namun hampir sama dengan didaerah iklim lautb.Hujan banyak jatuh dibagian muka gunung menurut arah angin (hujan orografis)
Sumber : Dari berbagai sumber
Published by idoenk on July 13th, 2007 Filed under Materi
Comments are closed.

0 komentar: